Woensdag 05 Junie 2013


                  KEMAGNETAN


              Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda-benda lain di sekitarnya seperti besi, baja, dan kobalt. Magnet mempunyai bagian yang paling kuat daya tariknya yaitu bagian kutub magnet, terdiri dari kutub utara (N) dan kutub Selatan (S).
        
             
          Kata magnet sendiri berasal dari Magnesia, yang merupakan nama sebuah wilayah di Yunani pada masa lalu yang kini bernama Manisa (sekarang berada di wilayah Turki). Di daerah Magnesia inilah orang pertama kali menemukan batuan yang dapat menarik besi, lalu orang menamakan batuan itu dengan nama magnet.

          Magnet terdiri dari dua kutub, yaitu kutub utara (north/N) dan kutub selatan (south/S). Sedangkan jenis magnet sendiri terdiri dari magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam adalah magnet yag sudah memiliki sifat magnet dari semula dan bukan hasil dari buatan manusia. Sedangkan magnet buatan adalah magnet yang merupakan hasil dari buatan manusia dari bahan besi atau baja, biasanya berbentuk silinder, batang, lingkaran, batang, ladam, jarum, dan lain sebagainya. Magnet buatan biasanya di perjual belikan secara bebas.

0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking